skripsi segala jurusan
anda butuh skripsi? di sini tersedia skripsi segala jurusan hingga 5500 judul dari berbagai universitas di Indonesia
atau mau uang 110 juta? temukan caranya di sini sekarang juga
KLIK DI SINI
http://www.pedagangskripsi.blogspot.com Ads premium
-





RPP METODE DISKUSI






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN MATEMATIKA
UJIAN PPL II









OLEH

KONDINSI
NPM : A1G 007 027






DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS BENGKULU
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      :  
Mata Pelajaran            :  Matematika
Kelas                           :  V
Semester                      :  II
Alokasi Waktu            : 2 ´ 35 Menit (1 pertemuan)



A.  Standar Kompetensi
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah

B.  Kompetensi Dasar
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan

C.  Indikator
1.      Siswa dapat mengetahui cara mengalikan pecahan biasa dengan pecahan biasa
2.      Siswa dapat mengetahui cara mengalikan pecahan biasa dengan pecahan campuran
3.      Siswa dapat mengetahui cara mengalikan pecahan campuran dengan pecahan campuran
4.      Siswa dapat mengalikan pecahan lebih dari dua bilangan
D. Tujuan Pembelajaran
1.         Dengan penjelasan guru, siswa dapat mengalikan minimal 3 soal tentang pecahan biasa dengan pecahan biasa
2.         Dengan penjelasan guru, siswa dapat mengalikan minimal 3 soal tentang pecahan biasa dengan pecahan campuran
3.         Dengan penjelasan guru, siswa dapat mengalikan minimal 3 soal tentang pecahan campuran dengan pecahan campuran
4.         Dengan penjelasan guru, siswa dapat mengalikan minimal 3 soal tentang pecahan lebih dari dua bilangan




D.    Model pembelajaran
a.       Model Pendekatan : Kooperatif
b.      Metode : ceramah, diskusi.



E.     Materi pembelajaran
a.       Mengalikan pecahan biasa dengan pecahan biasa.
b.      Mengalikan pecahan biasa dengan pecahan campuran.
c.       Mengalikan pecahan campuran dengan pecahan campuran
d.      Mengalikan pecahan yang lebih dari dua bilangan.

F.     Sumber pembelajaran
1.      Matematika 5 untuk siswa kelas V Acarya Media Utama Bab 5, Perkalian dan pembagian pecahan.
2.      Matematika 5 SD / MI kelas 5, RJ Soenarjo ( BSE )
G.    Alat dan Bahan
1.      Media soal


  1. Kegiatan Pembelajaran

1.      Pendahuluan
a.       Guru mengucapkan salam
b.      Guru mengkondisikan kelas ke arah pembelajaran yang efektif.
c.       Guru mengecek kehadiran, kesiapan fisik dan mental siswa.
d.      Guru memberikan apersepsi
e.       Guru mengemukakan tujuan pembelajaran tentang perkalian bilangan pecahan
2.      Inti
a.       Guru menjelaskan materi pembelajaran secara umum
b.      Siswa memperhatikan penjelasan guru
c.       Guru mengerjakan contoh soal tentang materi pembelajaran.
d.      Guru memberikan kesempatan untuk bertanya.
e.       Siswa diminta mengerjakan contoh soal di depan papan tulis.
f.       Guru mengeluarkan media berbentuk table soal.
g.      Siswa diminta mengisi media table tersebut.
  1. Guru memberikan latihan soal.
  2. Siswa diminta untuk mengerjakan soal tersebut dengan diskusi teman sebangku
c.       Guru membimbing siswa
d.      Siswa mengumpulkan latihan
e.       Siswa diberi kesempatan untuk bertanya terhadap materi pembelajaran yang belum dimengerti.
f.       Guru menanggapi pertanyaan siswa
3.      Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
b.      guru memberikan tindak lanjut



  1. Evaluasi
·      Penilaian Proses      : Pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung
·      Penilaian Hasil        : Tertulis



                                                                                               
Dosen Pembimbing,




Drs. Herman Lusa, M. Pd
NIP 19600510 198710 1 001


Guru pamong




AFRIDA NETI, S.Pd
196311091986042002





Bengkulu,   januari 2011
Praktikan,



KONDINSI
A1G 007 027



























Pertemuan kedua (2 x 35’)
Pendahuluan (± 5 menit)
1.       

2.       


3.       

4.          

5.          

6.          

7.          




1.       

2.       

3.       


Pertemuan ketiga (2 x 35’)
Pendahuluan (± 5 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan

1.         Memotivasi siswa dengan menceritakan pengalaman proses menentukan nilai tempat suatu bilangan, kemudian memberikan tindak lanjut.  Dan menanyakan materi sebelumnya.
Terlaksana/Tidak
2.         Menyampaikan inti tujuan pembelajaran (fase 1: menyampaikan tujuan dan motivasi)
Terlaksana/Tidak



Inti (± 60 menit)
1.         Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang mengubah pecahan ke bentuk desimal dan persen (fase 2: Menyampaikan informasi).
Terlaksana/Tidak

2.         Meminta siswa duduk dalam kelompok masing-masing dan memberi tugas kelompok berupa LKS 3; mengubah pecahan ke bentuk desimal dan persen  (fase 3: Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok).
Terlaksana/Tidak
3.         Membimbing siswa menyelesaikan tugas dan LKS 3 sambil menjalankan penilaian kelas dan penilaian progres individu (fase 4: Membimbing kelompok bekerja dan belajar).
Terlaksana/Tidak
4.         Meminta siswa mempersentasikan hasil diskusinya dan memberikan penilaian terhadap aktivitas (fase 5: Evaluasi).
Terlaksana/Tidak
5.         Memberikan penghargaan secara verbal pada kelompok yang aktif (fase 6: Memberi penghargaan).
Terlaksana/Tidak

Penutup (±10 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan
1.      Bersama siswa membuat rangkuman terhadap butir-butir penting pembelajaran yang berkenaan dengan materi pembelajaran.
Terlaksana/Tidak
2.      Guru memberikan Evaluasi
Terlaksana/Tidak
3.      Guru memberikan tugas rumah untuk membaca materi selanjutnya (tindak lanjut).
Terlaksana/Tidak








  1. Evaluasi
Lembar Penilaian (LP)
Penilaian kelas: Menggunakan lembar Check List penilaian klasikal.
Penilaian Progress Individu: Menggunakan lembar penilaian progros individu.



Daftar Pustaka
      Armaini Rina, dkk. 2004, Buku Matematika4 Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas 4. Acarya Media Utama: Bandung.
      Nur, m, 2004 Model Pembelajaran Kooperatyif, Unipress, Unesa: Surabaya.




                   

0 komentar:

Posting Komentar